Anak Pubertas Sebelum Waktunya

Pubertas merupakan masa ketika tubuh mulai dewasa secara seksual dan mulai berpungsinya organ reproduksi. Pubertas pada umumnya terjadi pada usia 11thn pada anak perempuan dan 12thn pada laki-laki. Tetapi pubertas pada anak-anak juga dapat terjadi sebelum waktunya.

Pubertas disebabkan oleh lepasnya hormon seks testosteron (Hormon seks pria yang diproduksi pada bagian testis) dan hormon pada wanita diproduksi pada bagian ovarium (estradiol).

Pubertas yang terjadi sebelum waktunya dapat ditandai dengan adanya perubahan fisik, psikologis bahkan prilaku pada diri anak. Anak perempuan yang mengalami pubertas maka ditandai dengan perkembangan payudara dan menstruasi.

Jika pada anak laki-laki yang terjadi adalah peningkatan ukuran penis atau testis dan suara menjadi mebih berat, dapat tumbuhnya bulu pada ketiak dan kemaluan, wajah mulai berjerawat, moody, rendah diri dan biasanya bereksperimen dengan hal baru contohnya merokok dll.

Pubertas sebelum waktunya adalah pada usia sebelum 9thn pada anak laki-laki dan sebelum usia 8 tahun pada anak perempuan. Untuk anak perempuan dapat dibilang normal jika mengalami pubertas sebelum anak laki-laki.

Mengapa Pubertas Dapat Terjadi Sebelum Waktunya ?

Berikut adalah beberapa sebab kenapa anak-anak mengalami pubertas lebih cepat sebelum pada waktunya:

Stres dan Depresi
Penelitian yang telah dilakukan dan menunjukan bahwa stres fisik atau emosional yang terjadi pada anak-anak (seperti tidak adanya sosok ayah, ibu memiliki penyakit ketika hamil, berat badan saat lahir rendah) diduga dapat berpengaruh dalam perkembangan pubertas sebelum waktunya.

Selain itu, jika peran orang tua yang mengalami depresi maka dapat berpengaruh atau menjadi faktor risiko penyebab pubertas anak sebelum waktunya pada anak mereka.

Gender
Anak perempuan dapat 10 kali lebih mungkin mengalami pubertas sebelum waktunya dibanding anak laki-laki.

Obesitas
Indeks massa tubuh (IMT) yang tinggi pada anak beriwayat obesitas dapat menyebabkan kenaikan hormon leptin. Hormon tersebut diduga dapat mengakibatkan pubertas lebih cepat sebelum pada waktunya.

Terkontaminasi Bahan Kimia
Paparan bahan kimia yang terjadi dilingkungan sekitar seperti DDT, PCB, phthalate, dan bisphenol A adalah beberapa zat yang diduga dapat mengganggu produksi, aktivitas, dan eliminasi hormon alami dalam tubuh yang bertanggung jawab terhadap perkembangan, prilaku, kesuburan dan metabolisme. Namun akibat dari hal ini masih dilakukan penelitian.

Ras
Anak-anak dengan ras tertentu akan lebih cepat pubertas sebelum pada waktunya. Anak perempuan berkulit putih adalah 10,5thn anak perempuan hispanik 10thn dan anak perempuan berkulit hitam adalah 9,5thn. Sedangkan usia pubertas pada anak laki-laki kulit putih dan hispanik adalah 10thn, dan anak kulit hitam pada usia 9thn.

Akan tetapi belum ada penelitian yang bisa membuktikan mengapa pubertas dapat terjadi pada perbedaan ras.

Genetika
Jika seorang ibu atau kerabat dekatnya mengalami pubertas sebelum waktunya maka lebih mungkin mengalami hal yang sama.

Dampak Negative Anak Pubertas Sebelum Waktunya

Pubertas adalah dimana seorang anak mengalami tingkat kedewasaan yang berbeda, mulai bereksperimen dan melakukan hal yang tidak biasa.

Pergaulan pada masa kini harus diwapadai jika seorang anak mengalami pubertas sebelum waktunya. Karena tidak menutup kemungkinan anak tersebut akan bergaul dengan teman yang lebih dewasa dan meninggalkan gaya hidup kekanak-kanakan.

Jika pergaulan tersebut tidak terkendali sangat rentan bagi anak tersebut masuk kedalam pergaulan bebas masa kini. Hal yang harus diperhatikan untuk menjada kesehatan anak yang mulai beranjak dewasa adalah:

  • Jangan sampai terlena oleh pergaulan barunya (jika negative)
  • Bimbing mereka untuk menjauhi pergaulan seks bebas
  • Jangan mencoba untuk mengonsumsi alkohol
  • Larang jika anak tersebut mencoba merokok
  • Berikan bimbingan mengenai jenis narkotika

Jika anak yang mengalami pubertas lebih awal terjerumus pada pergaulan bebas maka dapat berisiko lebih besar terkena penyakit menular seksual. Hal tersebut dikarenakan kekebalan tubuh pada anak diusia dini masih begitu rentan terserang penyakit.

Seorang anak diusia dini yang mengalami pergaulan bebas karena dampak dari pubertas lebih awal, tidak menutup kemungkinan dapat terjangkit penyakit seksual yang mengerikan seperti sipilis, kutil kelamin, herpes, gonore dll. Jenis penyakit seksual tidak semuanya ditularkan melalui hubungan seksual, melainkan dapat ditularkan melalui kontak kulit atau jarum suntik jika menggunakan narkotika. Cegah penyakit kelamin dengan Ace Max’s

Pubertas bisa menjadi masa-masa yang sulit dan membingungkan bagi anak-anak, apalagi bagi mereka yang mengalami pubertas sebelum waktunya. Maka oleh sebab itu, bimbinglah mereka atau ajak ke ahli konseling untuk mendapat bimbingan yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *