Berapa Usia Jantung Kita ?

Mungking Anda tidak menyangka jika usia seseorang yang dihitung sejak kelahirannya dapat berbeda dengan usia jantungnya. Penuaan pada jantung ternyata dapat berisiko terhadap kematian akibat serangan jantung dan stroke.

Usia jantung dapat dihitung berdasarkan profil indeks masa tubuh, tekanan darah, riwayat kebiasan merokok serta diabetes. Misalnya, jika usia kita berumur 61 tahun, namun karena pada saat itu menderita tekanan darah tinggi dan memiliki kebiasaan meroko, usia jantung kita bisa menjadi 84 tahun.

Risiko kematian yang disebabkan oleh penuaan pada jantung bisa dikurangi apabila kita menghindari berbagai faktor yang dapat membuat jantung kita lebih cepat menua dibanding usia sesungguhnya. Obat penyakit jantung.

Pemeriksaan Kondisi Jantung

Menghitung usia jantung dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan sebagai berikut:

  • Memeriksa Tekanan Darah
    Tekanan darah normal pada orang dewasa adalah 140/90, 140 pada sistolik dan 90 pada diastolik, diperlukan beberapa kali tes untuk memastikan apakah kita menderita darah tinggi atau tidak. Tekanan darah dapat menurun dan meningkat sesuai dengan kondisi jantung, aktivitas, emosi bahkan obat yang dikonsumsi.
  • Cek Detak Jantung
    Detak jantung yang terlalu cepat atau lambat dapat megindikasikan kondisi kesehatan. Pemeriksaan jantung dapat dilakukan sendiri dengan merasakan denyut nadi, hitung berapa kali denyutnya dalam sepuluh detik lalu kalikan dengan enam untuk mengetahui berapa kali denyut per menit.Segera periksakan kepada dokter jika denyut jantung secara konsisten berjumlah lebih dari 100 per menit atau kurang dari 60 per menit, terlebih jika kita mengalami gejala seperti pusing, lemas dan sesak nafas.
  • Periksa Kolesterol
    Salah satu pemeriksaan yang dapat mengetahui peningkatan risiko sakit jantung adalah dengan melakukan pemeriksaan kolesterol. Karena jika kita mengidap kolestrol tinggi maka dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah, termasuk darah koroner yang mengaliri jantung.

Bagaimana Cara Menghitung Usia Jantung ?

Usia jantung dapat dihitung dengan menggunakan kalkulator jantung, namun sayangnya indonesia belum memiliki kalkulator jantung tersebut, tapi tidak berarti kita tidak bisa mengetahui kondisi jantung. Kita masih dapat menggunakan kalkulator jantung yang sudah resmi digunakan oleh negara lain.

Salah satu negara yang memiliki kalkulator usia jantung adalah Amerika, diperuntukan bagi mereka yang berusia 30-86 tahun. Perhitungan tersebut dilakukan dengan cara mengkombinasikan antara berat masa tubuh, tekanan darah, profil indeks masa tubuh, diabetes serta riwayat kebiasaan merokok seseorang.

Lalu, Bagaimana Cara Menghindari Penuaan Jantung ?

Bermacam-macam faktor yang bisa menjadikan usia jantung lebih tua dari usia kita yang sebenarnya. Termasuk hal berikut:

  • Tekanan Darah Tinggi
    Kendalikan tekanan darah dengan cara menjaga asupan makanan dan minuman sehari-hari, serta melakukan latihan fisik rutin. Hati-hati hipertensi, dapat memicu penyakit.
  • Suka Merokok
    Sudah dibahas dimanapun mengenai masalah rokok, merokok dapat mengundang penyakit jantung dan stroke. Penelitian telah membuktikan bahwa seseorang yang berhenti merokok pada saat berusia 50 tahun, dapat memiliki jantung yang lebih muda 14 tahun dibanding usia jantung ketika dia merokok.
  • Penyakit Diabetes
    Pola makan sehat adalah anjuran dari semua dokter, cek kadar gula darah secara rutin. Gula darah yang normal adalah 70-100mg/dL. Bagi para pengidap diabetes gula darahnya dapat mencapai 126mg/dL bahkan lebih. Penderita diabetes dapat berisiko mengalami penuaan jantung, belum lagi penyakit jantung yang siap menyambut jika tidak di obati.
  • Konsumsi Ace Max’s
    Jian Xin Capsule merupakan produk unggulan green world yang diformulasikan khusus bagi penderita penyakit jantung dan hipertensi, tepat dan aman tanpa efek samping sedikitpun. Pesan Jian Xin sekarang

Jaga kesehatan jantung Anda semaksimal mungkin, tidak pernah tau kapan penyakit jantung menghampiri, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *